Jumat, 20 September 2013

Makalah penggertian Mikrosoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
  3. Muncul Gambar 1.1

1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007

Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  

mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel
 

 

Gambar 1.1Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan



Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:

1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja 

yang aktif.


2) Office Button
 
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat  
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish  

dokumen.


3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses  
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
 Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.

1.3 Memulai Buat Dokumen
Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.


Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”           pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan                    dibawah ini:

# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel           dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.

2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1                      kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell  agar judul                    laporan terletak ditengah-tengah tabel.
# Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol        Bold  atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline  atau italic .

3. Penggunaan AutoFill

Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.


Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.

Gambar 1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
# Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi              border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini ,              kemudia akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.
Gambar 1.4
# Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:
* Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell   A7 sampai F15, 
kemudian klik panah pada tombol  dan pilih All Border seperti pada tampilan   dibawah ini.
B.Membuat grafik di Microsoft Excel merupakan salah satu cara membuat grafik dengan mudah. Dalam menyajikan sebuah data biasanya dapat berupa table atau grafik agar lebih mudah dalam membacanya. Dalam membuat grafik kita tidak perlu repot membuat suatu diagram secara manual. Karena didalam program Microsoft Excel semua bisa dilakukan secara otomatis dengan berbagai pilihan tampilan grafik.
Membuat grafik di Microsoft Excel dapat dipastikan bahwa data yang muncul sangat akurat sesuai dengan database yang anda masukkan karena semua akan bekerja secara otomatis. Berikut dibawah ini cara membuat grafik di Microsoft Excel secara dasar.
Pertama yang harus anda lakukan dalam membuat tampilan grafik adalah membuatnya dalam bentuk table dengan mengisikan data yang anda perlukan. Setelah pengisian data dalam table selesai, sekarang blok semua data didalam table yang anda buat tadi. (lihat gambar dibawah ini)
membuat grafik di Microsoft Excel
Klik pada menu “Insert” >> “Column” kemudian silakan pilih bentuk grafik yang anda inginkan.
cara membuat grafik di microsoft excel
Disitu terdapat beberapa pilihan tampilan grafik yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Sebagai contoh kita memilih bentuk cylinder maka otomatis akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
tampilan grafik microsoft excel
Berikut diatas merupakan tampilan grafik yang muncul secara otomatis sesuai data pada tabel yang anda buat tadi. Jika anda mengganti data pada tabel maka secara otomatis grafik juga akan berubah sesuai data yang anda masukkan.
Bila anda ingin membuat tampilan yang lebih lengkap atau ingin melakukan perubahan warna dan bentuk anda bisa masuk pada menu “Design”. Dalam menu design terdapat beberapa fitur yang memungkinkan anda untuk menentukan pilihan model ataupun warna tampilan pada grafik. Diatas merupakan cara membuat grafik pada Microsoft Excel semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar